Banyak Teman, Banyak Ilmu


Hakikat manusia sebagai makhluk sosial yaitu tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan orang lain. Dengan kata lain manusia membutuhkan manusia lain untuk dapat bertahan hidup. seperti yang telah kita ketahui, pertambahan penduduk menyebabkan kebutuhan semakin banyak. Pemenuhan kebutuhan ini tentunya memerlukan bantuan dari orang lain. sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap kehidupan sosial. Baik pengaruh positif maupun negative, kedua pengaruh tersebut sangat terasa dalam kehidupan masyarakat.
Semakin banyak penduduk maka semakin banyak ketergantungan masyarakat pada orang lain. saat ini sudah dibagi spesialis pekerjaan masing-masing. Ada yang bekerja sebagai petani, buruh, pegawai, pejabat, pekerja di bidang kesehatan dan lain-lain. Semua sudah disesuaikan berdasarkan kemampuan masing-masing.

 Hal positif dari hal ini adalah masyarakat akan berusaha semaksimal mungkin agar dapat menjalankan perannya dalam masyarakat dengan sebaik mungkin. Namun hal negatif yang timbul adalah kesenjangan sosial yang akan terus ada. Misalnya seorang arsitek tentunya membutuhkan tukang bangunan, seluruh masyarakat membutuhkan petani, tukang sapu jalanan yang dibutuhkan untuk menjaga kebersingan jalan,bahkan dalam lingkup keluarga yang membutuhkan pembantu rumah tangga. Dalam hal ini, tukang bangunan, tukang sapu jalan, pembantu rumah tangga, petani dan pekerja lain seperti ini akan terus ada. Tentunya akan terjadi kesenjangan sosial mengingat banyaknya masyarakat yang memiliki penghasilan tinggi. Terjadi distribusi pendapatan yang tidak merata karena semakin banyaknya jumlah penduduk.


Dengan adanya masalah seperti ini, sebaiknya kependudukan di Indonesia dibagi secara merata di seluruh Indonesia, tidak hanya memusat di pulau jawa. Distribusi pendapatan diharapkan dapat terbagi secara merata pula sehingga tidak terjadi kesenjangan sosial dan ekonomi yang besar dalam kehidupan masyarakat. Para pekerja seperti tukang sapu jalanan, petani, tukang bangunan, pembantu rumah tangga dan lainnya diharapkan mendapat upah yang layak dan perlakuan yang layak pula agar dapat menghilangkan  kelas sosial dalam masyarakat.

Terlepas dari itu, hal yang sangat kita rasakan adalah banyaknya ilmu yang kita dapat seiring dengan banyaknya penduduk yang ada. “banyak teman, banyak ilmu” dapat medeskripsikan hal ini. Semakin banyak teman yang kita punya, maka ilmu yang didapat semakin banyak. Adanya penduduk yang semakin banyak juga mengakibatkan masyarakat berlomba untuk lebih baik dari yang lain sehingga menjadikan mereka manusia yang berilmu. Sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain, secara tidak langsung kita akan belajar hal kecil bahkan sampai hal besar pada orang lain. ilmu yang ada akan semakin  banyak dan berkembang. Maka dari itu, manfaatkan pertemanan dengan sebaik mungkin. Jangan menyia-nyiakan waktu dengan melakukan hal-hal yang tidak penting. Masa depan Indonesia, ada di tangan kita.


1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    Pertemanan selalu mendatangkan manfaat ;)
    Makasi buat artikelnya

Posting Komentar